Tutorial Menghapus Link Blog Yang Masih Muncul Di Pencarian Google 100% Work - Termiformasi

Iklan

Tutorial Menghapus Link Blog Yang Masih Muncul Di Pencarian Google 100% Work

Mungkin banyak dari teman-teman pengguna blog yang masih bingung ketika blog yang sudah dihapus tetapi masih muncul pada pencarian google, padahal blog tersebut teman-teman sudah hapus secara permanen dan hanya menyisahkan tampilan seperti di bawah ini jika membuka dashboard teman-teman.


Pada gambar diatas, sudah dipastikan bahwa memang blog sudah terhapus secara permanen. bahkan ada yang sampai menghapus email agar blog tersebut tidak muncul pada pencarian google.

Iya, memang semuanya telah terhapus secara permanan pada blogger, akan tetapi ada satu yang teman-teman lupa bawa setiap kali kita membuat blog, blog kita bukan hanya terdaftar pada blogger, akan tetapi juga terdaftar pada google, walaupun secara harfiah blogger punyanya google.

Tetapi memang sistem yang dibuat oleh google harus seperti itu, yang tau jawabannya kenapa bisa seperti itu, mungkin bisa share ke saya.. hehe.

Jadi artikel yang saya buat kali ini untuk membantu teman-teman dan juga termasuk saya yang kemarin sempat kewalahan karena tidak bisa menghapus link blog saya sendiri, yang namanya sama seperti nama blog Termiformasi ini.

Cerita sedikit waktu pertama kali buat blog, saya telah membuat 2 blog Termiformasi sebelumnya, akan tetapi ada masalah pada email yang akhirnya membuat saya harus menghapus blog saya tersebut, ada 2 link yang sudah saya hapus disini, tidak perlu saya jelaskan karna nanti bakal kehuan nama blog yang saya hapus dari gambar-gambar dibawah.

Jadi untuk menghapus semua link blog saya yang kemaren, saya menggunakan salah satu Tools dari google yang digunakan untuk menghapus secara permanen konten Usang atau Link Usang ataupun Cache yang memang sudah tidak terpakai.

Berikut linknya :

https://www.google.com/webmasters/tools/removals


Tampilannya seperti pada gambar diatas. disitu juga ada sedikti penjelasan untuk tools tersebut.

Dari petunjuk di atas ada beberapa kategori yang bisa dipakai antara lain.

- Permintaan ini bekerja hanya untuk halaman atau gambar yang telah atau dihapus dari web.

- Jika Anda perlu untuk menghapus informasi pribadi atau konten yang melanggar hukum dan sebagainya, anda bisa menggunakan fitur ini.
(Jadi semacam Report untuk kontent yang tidak baik).

- Jika berhasil, link dan cache akan benar-benar dihapus dari pencarian google

- Jika tidak berhasil, kalian bisa langsung ke sini.


Jadi memang bisa dibilang bahwa jika ingin menghapus blog atau web secara permanen, pikirkan dulu matang-matang yah guys.

Langsung saja ke caranya, pertama-tama teman-teman ketikan nama blog yang telah teman-teman hapus sebelumnya ke pencarian google.

Kemudian teman-teman coba masuk ke link tersebut. jika memang muncul seperti ini :


Berarti langkah yang teman-teman harus ambil yaitu dengan mengambil cache dari link tersebut dengan cara teman-teman klik tanda panah kecil berwarna hijau disamping url seperti dibawah ini :


Klik pada tulisan cache tersebut, kemudian teman-teman akan langsung di arahkan ke halaman tersebut.

Seperti ini tampilannya :


Kemudian teman-teman copy cache yang ditunjukan oleh lingkaran merah dibawah, Jangan pada URL Browser.

Seperti dibawah ini:

Kemudian paste semua link dan cache yang ingin dihapus pada Webmaster Tools Removal tadi, lalu klik Request Removal dan Ok.
 
"Jika ada link yang mengarah ke gambar atau apapun itu, masukan saja semuanya, karna semuanya berpengaruh diproses penghapusan cache". 

Jadi kira-kira akan seperti di bawah ini :


Bisa terlihat pada gambar bahwa saya melakukan permintaan penghapusan link blog dan juga artikel yang terdapat pada blog tersebut.

Semua permintaan yang saya lakukan masih Pending, jadi bisa dikatakan bahwa semuanya masih diproses.

Biasanya waktu untuk penghapusan 24 Jam, karna mungkin banyaknya permintaan untuk penghapusan.

Jika telah dihapus akan muncul tulisan Removed seperti dibawah ini :


Berarti semua permintaan teman-teman telah disetujui dan silahkan cek kembali pada pencarian google. Insya Allah pasti sudah terhapus.

Jika Memang Gagal!

Coba teman-teman perhatikan kembali link yang teman-teman ingin hapus, apa memang sudah tidak ada pada cache, atau memang bahkan teman-teman belum melakukan proses hapus secara permanen seperti pada gambar dibawah :


Ok mungkin itu saja artikel saya kali ini, semoga membantu teman-teman semua, dan silahkan bertanya jika ada masalah, dan silahkan share dan like fanspage Termiformasi untuk update artikel-artikel terbaru lainnya.

Salam.

No comments