12 Remaja Balikpapan yang Diduga Melakukan Cyber Crime di Grebek Polisi - Termiformasi

Iklan

12 Remaja Balikpapan yang Diduga Melakukan Cyber Crime di Grebek Polisi

Selasa Tanggal 28 maret 2017 sekitar pukul 14.10 Wita, Belasan polisi berseragam dan non seragam melakukan penggerebekan rumah warna krem yang bertempat di RT 19 Kelurahan Damai, Balikpapan.



Satuan yang berasal dari Bareskrim Mabes Polri itu melakukan penggerebekan  pada rumah tersebut karena menurut informasi yang diterima oleh pihak kepolisian, belasan orang yang di amankan tersebut telibat kejatahan Cyber Crime (Tindak Kejahatan Melalui Komputer/Jaringan) yang ditaksir kerugian mencapai miliaran rupiah.

"Kata polisi mereka itu kayak HACKER gitu, mas. Jadi gini, orang beli tiket, mereka transfer. Nah pas transferan mereka cegat. Dikuras itu, dibobol tengah jalan. Yang rugi itu maskapainya, karena gak masuk transaksi ke mereka," kata Ketua RT 19 kelurahan damai, balikpapan tersebut.

Menjelang malam, belasan remaja masih diperiksa. Namun informasi yang diperoleh media ini, dari 11 orang yang diamankan, 3 di antaranya diduga kuat sebagai pelaku tindak pidana cyber crime.

Sehingga diperlukan pemeriksaan intensif di Mabes Polri. Sekitar 21.00 Wita, 6 orang anggota Bareskrim Mabes Polri kembali ke Jakarta membawa 3 orang diduga pelaku cyber crime beserta barang bukti berupa komputer, laptop, dan telepon genggam.

Tak menutup kemungkinan kasus ini berkembang dan melibatkan jaringan lainnya di Balikpapan,
Kesaksian Ketua RT 19, Basirun, saat digerebek polisi, belasan orang yang berada di dalam rumah sebagian dari mereka beraktivitas di depan layar komputer dan laptop.

Berikut video penangkapan yang penulis ambil dari tribunnews kaltim.



Hingga berita ini diturunkan, belasan remaja tersebut dibawa ke Mapolres Balikpapan untuk dimintai keterangan lebih lanjut oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri.

4 comments: